Whatever You Say – Speaker 1st

Reviews

Written by:

Whatever You Say
Speaker 1st

Sony Music Indonesia
2.4

I. Bahwa cepat atau lambat, bahwa para konglomerat musik akan mulai mencium bau-bau bangkai trend ketinggalan jaman, adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari.
Dan seperti kejeniusan Sony music dalam mengkontrak band ?hip metal? Saint Loco, mereka telah menarik band ?garage rock? Speaker First, yang tentunya sangat ?saat ini? dengan jaket kulit hasil keringat papa mama, rambut berantakan hasil tataan 3 jam, dan riff blues se-klise riff setiap adegan di strip club pada film-film macho murahan tahun 80-an.

Tentu saja, kelompok ini tidak dapat disalahkan dengan menerima kontrak dari sebuah label besar yang dapat memenuhi semua impian rock?n?roll anda. Wanita! Alkohol! Kover majalah! Gosip! Har wax satu ton! Terkenal di kampus! Dan semuanya oke oke saja sebenarnya.

If only they had the songs.

II. Satu hal yang dilupakan oleh Speaker first selain dandanan rock?n?roll sempurna, dan kover album yang tampak dibuat seorang yang baru membeli program Photoshop 5.0 di Glodok adalah LAGU.
Dari ?Try me? yang mencampurkan ?Black Dog? milik Zepellin dengan Boomerang, ?Tak apa (Yang kau pinta)? yang terdengar seperti Kaka Slank yang audisi untuk the Hives, sampai pemerkosaan Bar-blues yang disempurnakan Jonh Lee Hooker di ?Midnight Blues?, Speaker First tidak dapat memutuskan band garage modern mana yang ingin mereka contek. Hasilnya adalah anak-anak yang tidak pernah peduli dengan akar-akar musik tersebut, seperti anak-anak kecil yang mengira musik garage dimulai dan berhenti dengan the Strokes.

Tentu saja semua ini dapat ditampik dengan sempurna. ?Oh dari dulu kita sudah mendengarkan musik ini, dari koleksi vynil bokap nyokap?. Yeah sure, dan saya suka main ayunan dengan Woodie Guthrie.

III. Play some more Incubus guys.
Yang membuat semua ini menyedihkan adalah; Speaker First dapat saja berhasil jika saja mereka memiliki kemampuan lebih baik untuk memilih influence, me-representasikan diri mereka, dan menulis lagu. Disinilah band garage lain seperti the Brandals menang. Mereka mungkin baru ?lahir? pada saat garage rock hidup kembali awal 2001 kemarin. Tapi setidaknya, kita dapat mengatakan ?Hey, ini kayak lagunya Chuck Berry!?. Bandingkan semua ini dengan lagu Speaker First seperti ?I hate this blue?, ?Common Male?, ?Black Coffee?, dan judul ter?indah? dan ?emo? di album ini ?Friendship eversince?; semua yang terdengar seperti lagu-lagu Guns?n?Roses di ?Use your illusions?; White Boy Melayu Blues. Blues scale. Harmonica. ?Yeah? 4 atau 5 kali di setiap lagu. Vokal ?british?. Rambut acak. Sempurna! Garage rock!

IV. Epilogue
Seburuk-buruknya trend garage yang mulai menjamur sekarang, setidaknya ini banyak menginformasikan anak muda pada band-band tahun 60, 70, dan 80-an yang berhasil karena mereka selalu melihat dan menghargai musik sebelum mereka, dan meracik influence tersebut tanpa terdengar seperti sebuah pencabulan retro maling kundang. Speaker First memulai karir mereka dengan merilis album yang se-asli sendok kopi di McDonalds. Sebuah album yang menghasilkan aliran baru ?Melayu rock?n?roll?. Jika mereka belum di-drop, mungkin mereka akan mendengarkan album-album yang benar sebelum album kedua mereka. Atau setidaknya sang vokalis mempunyai waktu untuk les dialek Inggirs di LIA.

Robert Marcus, January 2005

0 Replies to “Whatever You Say – Speaker 1st”

  1. hendra says:

    speaker 1st…??? damn.. they’re good man..!!! kayanya lo2 smua pada iri ma SPEAKER 1st yaa… knp seeeh di jelek2in trs…!!! ngw bingung knapa anak2 death rock star slalu membanggakan band yang namanya The brandals or sajama cut ??? apa krn mereka tmn2 lo smua..???? klo mo kasi comment yg adil dooonk…. payah lo…… ANJINK..!!!

  2. dimas says:

    apa elo nya yang ga punya kuping atau loe dibayar sama speaker 1st ?
    seumur umur baru ada yang muji muji speaker 1st itu elo doang.
    dan kalo mau tau. lagu ‘like a rolling stone” yang ada di sontrek Gie adalah lagu cover version paling jelek sedunia.

  3. Broer says:

    hi..dimas atau siapapun,kalian ga usah begog anjing!! mendingan lu pade dengerin bunyi ee gw,,prett!! tai lu emang semua,,yang muji speaker first itu banyak guoblok…tapi lu aja yg buta dan tuli…anjing….klo lu emang bisa dan mampu ngulik lagu2 speaker first abum whatever you say,,,,,coba dan rasakan //////dan pasti lu bukan pemusik tapi cuman manusia bodoh yang disebut oleh ada band…jadi dengerin ajah tuh…..bapak lu yang lagi ngentot ama pembokat lu……gw gak dibayar ama speaker fidanrst,,,gw dibayar sama tomi suharto…..l

  4. leina says:

    dan tak usahlah kalian ribut hay para pecinta musik indonesia…bukannya mendukung dan memberi sokongan..kok malah bisanya ngejek…yang ngejek bisa gak bikin album…masuk label!!!////dunia musik indonesia mempunyai satu band lagi yang beda dan berpotensi tinggi//pokonya mah saya suka album pertamanya speaker first…dan sangat mendukungnya……..keep rockin boys…..dan bwat dimas dan yang suka ngejek…gw pengen tau ilmu musik lu sudah sampai mana..klo bisa ajarin dunk cara ngomong tong kosong bau tai lu!!!!!!!!! ANJINK

  5. Ade says:

    menurut gue sih materi mereka itu ga jelek lah.
    cuma kenapa yah agak kurang aja kerasa nya ni album… padahal gue berharap banyak.. mungkin karena emang baru mulai aja.
    vokalnya si reda juga banyak berkembang, terutama dialek inggrisnya.. walaupun belum sempurna di soundtrack nya Gie.

    kenapa ga bikin lirik Indonesia aja yah? biar lebih pas dengan karakter vokal nya Reda.

    terakhir : namanya juga cuma review. ya dipake buat introspeksi aja ga usah marah marah gitu. biar speaker 1st makin oke nanti..

    maju terus DRS, maju terus speaker 1st. keep rock n roll

  6. Ryan Koesuma says:

    Buat yang ngasih comment #3 & #4, hari gini udah gak jaman lagi untuk nyamar2 jadi orang2 yang berbeda tapi sebenernya cuman satu orang yang sama aja. Kita bisa liat kok dari IP kalian. Mending kalo mau ngasih comment yang bisa di anggap layak integritasnya, cukup 1 comment aja.

  7. Julien says:

    Terus terang, ini rekaman gagal. Gue mendingan nonton mereka live, lumayan menghibur musiknya. Tapi itu juga dengan satu syarat, si vokalis nggak usah nyanyi. Speaker 1st baiknya ngubah format jadi band rock instrumental aja. Siapa tau bisa kayak the Shadows atau the Ventures? Hehe…

  8. Kiro Kanozen says:

    sampai kapan band kayak gini bisa bertahan??
    mendingan pake lirik indo aja lah dari pada di paksaan inggris yang blepotanz.. cocok buat backsound Bokep kali yee…

  9. pyenk says:

    terserah apa kata kalian yang jelas speaker first adalah band yang punya banyak talenta…dan terutama sang vokalis…apa gak ada yang liat coba lebih dalam liat lirik2nya…dan gua tetap pengemar si vokalis alias reda…karya 2 nya sangat bagus…apa benar2 kalian sudah melihat aksinya…..apa kalian sudah kenal dia…dont judge the band ah……

  10. arkham says:

    closed minded people please kept out !

  11. yg gw tahu rock n roll is all about soul and taking the right roots buat lo interpretasi ulang.menurut gw si spiker satu set ini ga punya soul rock n roll sama bener kata si robert mereka ga jelas mau ambil influence dr band apa!kalo soal skill mah udh jelas, beni ama boni punya skill lebih dari cukup tapi si reda tai anjing tah…nginum aqua gelas wae ge mabok!dimana soulnya?da rock n roll ge tibaheula kitu-kitu keneh jadi maenya we rek jiga kitu deui?!pokona mah urg yakin si spiker ieu bisa jadi alus lamun euweuh si reda jeung personilna bermain jujur ada apanya.

  12. kiki says:

    menurut gua secara keseluruhan album speaker1st itu bagus dan layak buat didengerin, gua bisa bilang gini karna memang gua punya albumnya. masalah attitude personil ga ada hubungannya sama sekali sama hasil karya suatu album. yang gua heran disinikan sarana buat ngereview tapi ko serasa jadi diatas ring tinju ya:p prokontra itu biasa asal menghormati pendapat dan karya orang lain. cheers!

  13. Ary says:

    Keep rock n’ roll..
    Ai sia kunaon kabeh?? Tong so jadi criticus lah!! Kuduna hargaan karya batur teh goblog,,Jiga nu bisa ngajieun wae!! Aink fans Speker 1st bell.. Lamun wani mah gelut we jeung aink!!!

  14. Adrie casablanca says:

    ANJINK Kalian semua…
    Penghina Speaker 1st………Gw Fans Berat Speaker 1st ANJINK……
    Bwat lo pada….yg suka ngehina…….Band favorit gwa……
    Cobain deh Dengerin…….lagu lagu- lagunya…..
    Baru lo bisa ngomong……jangan langsung maen kritik aja….ANJINK…..

    TETEP Rock n’ Roll ajah…. bwat semuanya……

  15. freddy_lennon says:

    Fuck semua yang ngehina speaker.salam2 aja ke anak2 speaker people bpi di bandung dari freddy

  16. freddy_lennon says:

    bang reda cepetan donk keluarin album barunya nih?dah ga tahan biar orang semua tau sampai di mana perkembangan rock and roll di indonesia

  17. egg says:

    yahh..bisa dibaca kan titel albumnya apa sob..

  18. maren 1st says:

    speaker 1st…
    bagus ah..kalian yg menghina memang sirik aje ama org ngetop…janganlah kamuh menghina band org…lagian kaga smua orang suka ama band lo pada…(itu jg kalo lo smua pd punya band)
    dukunglah band” tanah airmu seniri brow…
    keep rock n roll babe…
    damai lah smua para pecinta musik dunia…
    dukunglah band” yg ada…
    tak usahlah saling mencemooh YES….!!!???

  19. ucil prabu 1st says:

    Speaker 1st……
    Keren abis lah
    Bang keluarin lagu barunya dan tambah kereninin gaya di panggung
    Pokoknya bwat smua speaker peeople gancang atuh pemutihan meh gancang dijien

    POKkokna mah keep rock n roll

  20. Adit says:

    kalo speaker 1st ga dihina, ga bakal nyadar mereka musiknya jelek. kalo lo ga tau musik speaker 1st itu jelek, berarti lo ga tau musik. titik.

  21. bigbeatmania says:

    TETAP THE STONE ROSES…HEHEHE…THE STONE ROSES PANCEN OYEE….
    (aing geloo)

  22. maiya 1st says:

    guys…come on !!!
    knapa kalian hanya bs mengkritik saja ???!
    speaker 1st ??? ok bgt !!!
    i always support u guys !!!

  23. Dion People-Muthahhari says:

    HuFfff….SIRIK Tanda Tak MAMPU CuyYy… kalo lo yakin ama Omongan Elo..Tunjukin ama Pendengar Musik Indonesia kalo Musik elo emang Pantes DiDenger …. Jangan BisanYa Cuma Jadi LOSER… Kasian amat Loo.. kreasi Lo mana ??? Where Ur Skill Music??? Nothing!!!! Tunjukin DUnkKk!!! GWa yakin Lo ga ada papaNya mA DANGEROUS TWINS……GWa Yakin ma lo lo smua lo tuh ga ada papaNy kan??? ikutan aja KDI Ato AFI Gwa Dukung Dech….. Redha,Beni,Boni,Sandy,Anton we’ll Support U AlwaYss!!!!

  24. maren 1st says:

    waaaahhhh……
    kalian jangan suka mengkeritik band org….!!!!!
    siapa bilang spkr 1st jelek…? wah” pada ga beres tuh kupinnya….

    buktikan saja…..

    kami siap mengadu skill…..

    anda coba ulik saja lagu” mereka…..

    setengah mati baru keulik……

    mangga tah cobian……

    keep rock n roll babe…..

    tunggu saja album mereka yg slanjutnya……

  25. Bastardos from Barbados says:

    1.Music
    Apa yang mereka harapkan dari musik – musik yang mereka mainkan ?!! Saya mendengarkan mereka sejak mereka belum setenar sekarang (kebetulan saya satu almamater dgn mereka). Dari dulu hingga sekarang tidak ada yang berarti!!!Malah berkesan latah akan trend musik rock ‘n roll “garage”. Apanya yang unik ? apanya yang baru ? setiap alunan yang terdengar berkesan ‘dijajadikeun’,sok rock n’ roll, tidak jauh beda dari pelafalan ‘R’ dari sang vokalis.
    Mari berkabung!!!!!saat pola blues 12 bar dimainkan oleh kelompok bodoh yang tidak tahu apa yang mereka mainkan.
    2.Attitude
    Mari bicarakan perilaku mereka diatas panggung. Sungguh sesuatu yang menggelikan. tidak jauh berbeda dengan menyaksikan SRIMULAT. OVERACTING!!!!tindakan – tondakan berlebihan yang bermaksud membentuk image ‘garang’ dan ‘begundal’ tidak membuat mereka terlihat menarik. Tertawalah saat ingin tertawa,tersenyumlah saat ingin tersenyum, dan terlihat mabuklah saat kamu mabuk!!!!
    Catatan sejarah rock n’ roll dimulai dari bentuk persatuan culture blues (black music ), dan country (caucasian music ) di Amerika. Di zaman post – modern sub – kultur berkembang seiring pengaruh lingkungan yang mulai ber-evolusi. Perhatikan sejarah sekali lagi!!!siapakah mereka yang termasuk sub kulture rock n’ roll ‘garage’?orang yang senang berdandankah? berkaca! apakah kalian metrosexual?Apa yang diinginkan dari musik rock n’ roll ‘garage’?sesuatu yang tampak keren atau trendy kah?

    MAri lihat kebelakang. Bersikap bijak! jangan terhanyut dan latah akan trend yang ada. Ikut – ikutan itu kampungan, ketahui segala alasan dari apa yang kita lakukan.

  26. Whatever you say lah ANJING!!Buat Bastardos from Barbauasjdgj CUIH!!Maneh Teh Saha Bell!!Ngomongin dr musik ampe attitude mereka segala!Maneh teh otaknya tai yah!!Kumaha maneh rek mikir atuhnya!!?Da Otak maneh mah tai,tai maneh otak!!berarti beungeut maneh teh di pantat,pantat maneh di beungeut!!Kop wehlah!Maneh tong sok-sok nyaho segalanyalah!!Lamun maneh geus jd prof.musik kawas Bang Hary R. karak maneh ngomong kitu..Urang sarerea mbung lamun diajak mikir kanu otakna tai mah..Eweh eusina..NGANYOBLAK HUNGKUL SIAH MANEH!!Tolonglah jgn sampai website ini jadi g berguna karena banyak komentar-komentar ANJING dari org awam yang suka sok-sok tau musik!!

  27. ito n roll-1st
    tong pada ngahina lah,,cuma bisa ngomong aja,dasar kampungan semua!!pokoknya speaker 1st mah alus gitu loh…
    deathrockstar teh situs bokep???kok banyak kata
    nono 1st
    deathrockstars hanya bisa menghina dan tidak bisa berkreasi seperti speaker1st

  28. Karmacoma says:

    Bastardos from Barbados saya setuju dengan saudara.
    Apa yang dipaparkan saudara bisa dibuktikan.

  29. Ha…..ha……;D
    Open your mind, open your eyes.
    Gak perlu fanatik sempit. Atau kalian termasuk orang-orang yang latah trend?
    Otak siapa yang kayak tai?
    Objektif lah……tong subjektif!
    Jangankan orang lain…sobat ti leuleutik mun goreng, ku urang disebutkeun goreng.
    Lamun memang Speaker 1 set alus, paparkeun naonnaa nu alus!!!
    Tunjukan apa yang patut diacungi jempol dari speaker 1 set!!!!!!

  30. demam disko anjink says:

    hey kalaw memang menurut lo lo pada speaker first gak keren..kenapa yah mereka di kontrak oleh sony bmg indonesia…hmmm apakah orang orang yang mulutnya pada bau tai yang sok pada ber komentar kaya orang sok jago yang ngejelek2kin speaker first udah pada punya karya yang di akui…punya album gak?…tau gak klo rolling stones itu ternyata mengakui kalu drugs yang mereka lakukan itu ternya ta “palsu” hanya utk image..mereka mengakui dan merasa bersalah krn org2 bodoh jadi pd ngikutin tipuan mereka….btw…speaker first dikontrak oleh sony bmg 6 album gitoh…hebat…apakah anjink sok mengkritik seperti barbados tai babi itu punya karya…jink!!!

  31. say hello to arogant people says:

    wah.
    mereka memuji speaker 1st karena mereka speaker people yang fanatik
    bukan karena musik mereka yang bagus.
    dengan aksi panggung yang sok asik
    jatuh sini-jatuh sana.
    ngulik speaker 1st.nampak buang-buang waktu.

    musiman…

  32. nono 1st says:

    deathrockstar tidak bisa berkreasi dan hanya menghina
    g smua band rock nroll punya fans club
    ngulik lagu speaker1st g buang2 waktu yang buang2 waktu adalah mereka yang hanya bisa mengeritik musik ciptaan orang lain dan tidak bisa menciptakan lagu seperti speaker1st

  33. RudeBoy says:

    Udah 2006…goblok Lo semua…HiHiHiHi….udah basi kali topik ini dibahas terus…berpolemik tiada henti…

  34. shoegazer pop says:

    aksi panggung yang over acting.
    dan lagu yang monoton..

  35. lcky says:

    ANJINK bwat kalian yang mengatakan anti speaker 1st kalian adalah orang muna yang tidak melihat masa depan

    kami mendukungmu

    alone at last fans
    big family

  36. Rockariot says:

    speaker 1st = Boysband = NKOTB
    So,
    mending dengerin NKOTB,Ha!

  37. alow apa kabar smua !!!!!speaker 1st??? keren bgdtz extreme !!! wow mmak gw ska bgt smma mmidnight blues ama sttar all ovver !!!tapi yaang gw mau tuh pengganti PEMAIN HARMONICA yang dulu itu si ASEP mana ????/ skarang si ASEP malah sukses sma CHANGCUTERZ apa arti roock fucking roll tanpa HARMONICA ?????????????????????

  38. sPeaKeR_PeOpLe FrOm SmUTh says:

    Bwat semua SPEAKER PEOPLE dimana saja berada, apa kita akan berdiam diri melihat speaker 1st dihina seperti ini.
    Apalagi beberapa oknum mengganti nama SPEAKER FIRST menjadi SPEAKER 1 SET.
    Tai Anjing kalo orang2 nganggap speaker 1st jelek. Menurut saya mereka yang ngomong speaker 1st jelek itu hanya penilaian subyektif saja. Ini hanya masalah selera. Dan kalo emang gak suka,Gak usah memprovokasi orang.
    Hidup SPEAKER 1ST…
    Fuck bwat anti speaker dari speaker people

  39. pedansa resah gulana says:

    sudahlah…
    PERDAMAIAN PEERDAMAIAN.. PERDAMAAAAIAN PERDAMAAAAIIIAN!!!
    hehehe

  40. otonk (unpad) says:

    sedih hati ku sedih ohh tuhan tolong hambamu …….gak jadi crew om reda and friends cuma gara2 baru semester satu …huaaaaaa hiks hiks…

  41. otonk says:

    kiyeu nya urg mah …teu boga kata2 bijak ..da nu pasti mah mun ceuk aing mah speaker 1st teh alus mun heunte mah aing moal hayang jadi crew na speaker …yeuhhh kehed ulah sok ngahina band batur lah …jeung nga gogoreng si reda make jeung nyebut tai anjing sagala … maneh bisa teu nyanyii abong mun sora maneh alus … maneh jeung aing geu alus keneh aing mu nyanyi mah abong maneh mun teu jiga afi tah mun nyanyi…. baleg atuh boga congor teh …benahi tah pipikiran maneh …ukur heula diri maneh sorangan karek ngukur batur … belegug sia..!!!!

  42. hen says:

    itu aja di pikirin ,lo lo yg pinter nya cuma bicara kotor pasti ga ada otak nya.buktiin klo lo ada kreasi yg bisa nunjukin klo lo emang punya kreatifitas.jangan bisanya cuma nyaci doank……………

  43. omen says:

    sPeaker 1st is a good man…….

  44. GigZ says:

    Kalian semua ini pada ngomong apa…??

  45. kiroll says:

    hahaha gila brow…persaingan musik d tanah air smakin keraz, gw bangga man! klo lo lo pade saling hina? tu salah bgt…? td gw baca da yg hina gtu ma speaker? mnurut gw dah deh jalanin jalur musik lo sendiri? intina musik mah kumaha selera….bener teu? speaker 1st ameng tuh ka mighrapz kopo? speaker edan laaaahh….. lam rock n’roll

  46. luph ppw says:

    speaker loovvveee youuuu rock n roll………???

  47. huh says:

    ah sudahlah…….(walau topik ini sudah basi)……jangan terus menerus menghina band yang satu ini…….
    kalu kata gw speaker1st tuh band cerdas….
    diliat dari latar belakang pendidikanpun, mereka oke!!
    redha yang lu sebut tai anjing en butuh privat les di LIA tuh dosen gw…..
    boni en beni lulusan itb….
    anton n sandy anak unpad….
    terus apa kabar lo lo semua yang ngehina mereka?
    lulusan sma? apa jebolan d1? atau korban drop out mungkin?
    sekali lagi………sudahlah……

  48. Speaker People "Boril sma 11" says:

    hey saia anak rock n roll paling yg ngehina anak aliran lain… TAI lah anjink…. speaker First good one… keep rock n roller

  49. shasa says:

    speaker1st is a gud one i think…seriiously, not really into to the band but, first i listen to, i feel enjoy the music.. honor it..
    *cheers

  50. HAPPY BIRTHDAY SPEAKER PEOPLE

    LAM ROCK N ROOL SJAGAD
    FROM HELL IS ??????????????????????

    PENGHINA SPEAKER 1ST ADALAH HEN(3UT MARIA OZORA BONDON NO 1 IN THE WORD

  51. .qwoNk says:

    tak ada speaker tak ada brandal tak ada s.i.g.i.t tak ada changcut,,, yang ada hanya satu.. ROCK n ROLL.. jiwa
    hehe, komunitas jadi bikin event di ternate ?

  52. little lennon says:

    ah…
    udahlah sekarang qta cuman butuh saling menghargai…
    catatannya kalo ingin di hargai hargai dulu orang lain…
    itu dia..
    biarkan masyarakat indonesia menjadi apresiatif!!
    biar musik indonesia jadi berkembang!!!
    terlalu fanatik juga jelek,,anti fanatik juga jauh dari bagus…
    mari saling mendukung..bukan menjatuhkan…
    buktikan kalo kalian pendengar musik yang baik (sahabat musik)

    ok!!!
    garage rock,, i like it…
    “little lennon

  53. gw suka speaker 1st lo mo apa??ASU!!
    kalo sajama cut, TAI tuh band

  54. unusss says:

    buat yg kurang suka dengan aksi panggung (dll) dari vokalis speakers1st (dulu) Reda Samudra…
    Sekarang speaker1st udah ganti vokalis.
    udah ngeluarin album lho, udah beli blum ???

    kalo udah dengerin, kalo ada waktu liat show nya,
    dan silahkan berpendapat (sehat) lagi …..

    thanks.
    peace_love.

  55. roy gokill says:

    udh yg penting rock n roll berkembang di indonesia lg…jgn kalian hina lagu rock n roll,yang harus lo hina lagu kangen band tuch….biar mampus dia

  56. Anak Medan says:

    ngakunya Rock N Roll..tp mulut kyak mamak mamak..
    payah klen smua (yg maki2)..gak ush ngaku Rock N Roll sejati klo msh maki2 band org laen.
    buktiin omongan kau (yg maki2) lae dgn karya nyata..
    Whatever You Say..Speaker 1st maju terus,,

  57. Lenyo tekbal says:

    itu dia bro ciri khas speaker first. gw suka bgt bro dari dandanan, nadanya, semuanya deh gw suka bgt

  58. tulank says:

    itu dia speaker first,,,,,
    dgn dan”an nyetrit, vantovhell dan rambut super rock n roll bkall jdi band
    rock ‘n roll yg di sgani d kota bandoeng,,,,
    the world is ours !!!!!!

  59. Luqman says:

    Sesuai judulnya…Whatever you say bro….sebenernya apa sih yang kalian ributkan…..grow up men…tp yg jelas 2 thumb up for speaker 1st, di saat kancah musik indonesia menurut gua sekarang ini sedang mengalami stagnan bahkan boleh di bilang sedang mengalami kemunduran dimana banyak bermunculannya band" ke kini"an yang banyak mengusung genre yg katanya melayu…what the fuck is that…sumpah aing meuni teu resep pisan (sumpah gua gak suka banget)…such as..kangen band, radja, ST12 beserta antek"nya yang menurut gua sama dari segi musikalitas gak ada nilainya sama sekali…they just a buch of guy that can sing, play some instrument…OH MY GOD…mau dibawa kemana musik indonesia ini kalo selama ini generasi kita hanya di jejali oleh jenis musik seperti itu…sepertinya Idealis dalam bermusik sudah gak ada, tp speaker 1st cukup berani tuk melawan arus dan lebih mengusung Rock & Roll….keep up guys…mudah"an kedepan lebih banyak variasi warna dalam kancah musik indonesia…wanna thanks to The S.I,G.I.T, Pure Saturday, The Flower, Homogenic, The Morning After,etc ( all music Indie yang masih mempertahankan idealis dalam bermusik..pertahankan itu…)

  60. anggi says:

    maju trus speaker first ak speaker people mendukung mu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  61. gw sih ga peduli speaker 1st siapa tapi kenapa setiap review yg jelek2in band sejenis ini (baca review the S.I.G.I.T) muncul the brandals yah? don't be too over rated lah. it's not like you are that good n almighty anyways..

  62. nangke lande says:

    waw review yang bagus seolah-olah seakan-akan speaker st itu adalah kangen band…..
    dan tentu saja kita semua tahu tong kosong itu nyaring bunyinya……..
    selamat atas keberhasilannya mengaduk-aduk emosi speaker people……

  63. sHinta says:

    lebih baIk band speakers 1 st bubar aJa laH
    gak enak tau laGu2 na
    kyak na mreka gax berbaKat
    coba pindaH aliran lain danGdut kroncOng protol
    kayak na lebih co2k dHe,,,…………
    ea gax kwaN22222

  64. SickRobo says:

    musik itu untuk menghibur…

    yg merasa terhibur…silahkan nikmati sendiri!

    yg merasa tidak terhibur silahkan denger yg laen, ga usah banyak bacot…

    >salam musik!<

  65. Reyhan says:

    speaker 1st memang bagus. kalau ada yang bilang jelek, saya mau nanya. bisa ga kalian di kontrak sama sony bgm. engga bisa kan PASTI.
    udahlah damai we damai.

    keeps rock n’ roll for THE SIGIT, SPEAKER 1ST. pertahankan apa yang kalian punya.

  66. iblis ohara says:

    musik itu simple, lu suka ya lu dengerin, ga suka ya ga usah lu dengerin apalagi MENGHINA

  67. haniv says:

    hhahahahaha
    banyak orng bodoh disini .
    kalau ga mau di kritik mending mati ajah lah ….

  68. Opik says:

    Goblog banget yg bikin tod
    Ai sia urang mana goblog?
    Tong sok ngahina-hina batur goblog!

    Beginilah ciri khas anak2 kita, menjelek2an karya negeri nya sendiri
    Bego bgt yg kaya gtu blok!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: